Recent Posts

4 Jajanan Khas Bandung yang Terbuat dari Aci/Sagu

Indonesia kaya akan suku, budaya, dan keberagaman lainnya. Setiap daerah mempunyai kekhasnnya masing-masing mulai dari makanan, pakaian, adat istiadat, dan masih banyak lagi.

Berbicara soal makanan, Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan berbahan dasar sagu atau aci yang bisa membuat lidah terus bergoyang.  Jajanan ini sangat terjangkau harganya tidak sampai puluhan ribu dan tidak akan menguras dompet tetapi bisa bikin perut kenyang.

Makanan ini bisa di sebut juga jajanan anak sekolah, karena kebanyakan di jualnya di sekolahan.

Berikut 4 Jajanan Khas Bandung yang Terbuat dari Aci/Sagu

1. Cimol (Aci di gemol)
 
source image : Instagram.com/seto_beri
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan jajanan satu ini yang banyak di jual dimana-mana. Cimol bentuknya bulat dan di bumbui bubuk cabai, sehingga menjadi daya tarik untuk mencoba jajanan ini. Untuk membuatnya pun terbilang mudah, cukup siapkan tepung sagu 1/4Kg, tepung terigu 1 ons, dan bumbu penyedap rasa.

Campurkan semua bahan tersebut lalu tuangkan air panas dan bentuk bulat seukuran kelereng. Untuk menggorengnya api jangan terlalu besar karena cimolnya bisa meledak.

2. Cireng (Aci di goreng)

Source Image : Instagram.com/lusiaa_vv
Cireng tentunya sudah tidak asing lagi bagi kalian. Jajanan bertekstur kenyal yang satu ini tepatnya sudah dikenal sejak lama dan masih eksis sampai sekarang. Cireng adalah sagu/aci di goreng. Berasal dari wilayah Jawa Barat, tetapi kebanyakan di kenal sebagai jajan Bandung.

Tetapi sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru nusantara tidak heran makanan ini populer di indonesia.

Cireng juga biasanya di jual di sekolahan dan harganya sudah pasti sangat terjangkau standar anak sekolah.

Karena makan ini sangat populer dan masih eksis sampai sekarang, banyak yang menjual variasi cireng dengan keunikannya masing-masing. Seperti cireng isi dengan rasa Ayam, Bakso, Sapi.

3. Cilok ( Aci di colok)
 
Source Image : Instagram.com/laukpauk.id
Cilok tidak beda jauh seperti cimol, bedanya cimol di goreng sedangkan cilok di kukus atau di rebus dan di tusuk bambu. Cilok kebanyakan di gemari anak kecil tetapi masih banyak juga orang dewasa yang membelinya karena sekarang banyak inivasi cilok yaitu cilok isi.

Bila di jakarta jajanan ini terkenal dengan cilok tasik.

Untuk membuat cilok bahan-bahannya hampir sama seperti cimol. Namun cilok di kasih saus bukan bubuk cabai. Hargnya sangat terjangkau antara Rp 500- Rp 1000 tergantung keunikan penjual cilok.

4. Cilung ( Aci di gulung)
  
Source Image : Instagram.com/Hungry.monster
Jajanan ini di sebut cilung karena dalam proses penggorengannya di gulung atau di putar-putar sampai terlilit ke bambu. Cilung biasanya di jual seharga Rp 1000-2000 an. Untuk membuat cilung cukup siapkan tepung sagu, tusuk bambu, dan bumbu penyedap.

Campurkan semua bahan ke dalam wadah tuangkan air sampai encer jangan sampai mengental karena bila mengental akan sulit menggulungnnya saat di goreng. Namun jajanan ini masih jarang di jual mungkin peminat nya tidak seperti peminat jajanan cimol, cireng, dan cilok.

0 Response to "4 Jajanan Khas Bandung yang Terbuat dari Aci/Sagu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel